TATA CARA SHOLAT MAKMUM MASBUK (TERLAMBAT)


Dalam keseharian ada bermacam - macam cara orang masbuk. Ada yang setelah takbiratul ihram, ia langsung mengikuti imam, apakah pada saat itu imam sedang sujud, sedang duduk antara dua sujud atau duduk tasyahud akhir. Ada juga yang menunggu imam berdiri dahulu untuk rakaat berikutnya.

Ada yang melihat situasi, kalau shalat belum hampir selesai dan imam belum tahyat akhir, maka ia menunggu dahulu imam berdiri, tapi kalau ternyata imam sudah tahyat akhir maka ia baru takbiratul ihram, kemudian mengikuti imam yang sedang tahyat akhir. Nah manakah cara masbuk yang benar menurut atauran syariahnya ? Mari kita bahas bersama.

Sebagian orang ada yang ketika masuk Masjid dan melihat jama'ah sudah berada pada raka'at terakhir, mereka lantas hanya menunggu sampai jama'ah tersebut selesai melaksanakan shalatnya. Mereka tidak langsung bergabung dalam jama'ah, dengan alasan ingin membuat jama'ah baru lagi. ini adalah sikap keliru. Seharusnya dalam kondisi demikian , ia bergabung langsung dengan jama'ah yang sedang sholat lalu melengkapi shalatnya setelah imam memberi salam.

Hal ini berdassarkan sabda Rasulullah SAW, "Apabila kalian datang untuk sholat jama'ah dan mendapati kami  sedang sujud, maka sujudlah, dan jangan hitung itu satu rakaat. dan barang siapa yang mendapati satu raka'at, maka ia mendapatkan shalat," (HR. Abu Dawud dan Al- Hakim).

Ali bin Abi Thalib dan Muadz bin jabal meriwayatkan sabda Rasulullah SAW, "Jika diantara kalian mendatangi masjid dan menemukan imam dalam kondisi tertentu, maka lakukan seperti gerakan yang sedang dilakukan oleh imam." (HR. At- Tirmidzi)

Imam Asy- Syaukani mengatakan, bahwa sabda nabi, "Maka kerjakanlah seperti gerakan yang dilakukan oleh imam," adalah petunjuk bagi makmum yang datang terlambat untuk segera bergaabung dengan jama'ah, gerakan apa pun yang sedang dilakukan imam tanpa terkecuali, baik ketika sedang ruku', sujud, ataupun duduk. Wallahu A'lam .

Semoga artikel yang barusan anda baca bisa bermanfaat bagi anda, dan menambah ilmu kita. 
Terimakasih sudah menyempatkan waktu anda untuk berkunjung di blog ini.

Related Posts:

0 Response to "TATA CARA SHOLAT MAKMUM MASBUK (TERLAMBAT)"

Post a Comment